Mengenang masa SMA

27 04 2010

masa – masa SMA adalah masa – masa paling indah (itu menurut Alm. Chrisye), memang sih indah (membayangkan 4 tahun ke belakang), pertama kali masuk sekolah langsung ngikutin MOS (Masa Orientasi Siswa), disana kita dikenalkan dengan sekolahan yang bakalan kita datangi setiap hari dalam waktu 3 tahun kedepan. trus, (diterangin masalah peraturan, wawasan wiyatamandala, dll), kita juga dapet temen – temen baru yang berasal dari berbagai daerah. yang paling berkesan saat pertama kali masuk SMA adalah ketika MOS dimulai. murid baru disuruh dateng ke sekolahan dengan kostum yang sudah ditentukan oleh Panitia MOS. pokoknya aneh – aneh deh perlengkapannya, nyarinya aja ribet banget, tapi perlengkapan itu harus dapet biar kita gak kena hukuman. saya sampe seharian tuh nyarinya. hehe.. (lebay…) :).

MOS berlangsung selama 3 hari, sedih dan senang bercampur aduk disana, soalnya banyak pengalaman yang didapet, yah walupun dikerjain dengan kakak – kakak kelas. misalnya, disuruh bawa bunga, trus menyatakan cinta ke Cewek yang gak kita kenal, gookil banget tuh. pokoknya 3 hari itu gak kerasa deh. acaranya seru banget dan gookil.

MOS selesai, kelas udah dibagi, jadi hari pertama Sekolah saya langsung dapet kelas di 10.3 (sepuluh 3), ternyata orangnya kebanyakan orang lama, hehe,,, soalnya temen – temen saya kebanyakan lanjutin sekolahnya bareng dengan saya. ya gak apa lah, itung-itung biar lebih kenal ke personalnya. selama setahun saya di kelas 10, gak terlalu banyak hal – hal yang menarik yang saya dapat. mungkin karena saya terlalu cupu pas kelas 10. he.. ;).

kenaikan kelas 11, alhamdulillah saya masuk Jurusan IPA, memang targetan awal harus masuk IPA. baru aja masuk temen- temen langsung menunjuk saya jadi ketua kelas, awalnya sih terpaksa, kenapa??? saya sih mikirnya kalo jadi ketua kelas pasti nanti repot, harus sering -sering ke kantor lah, rajin memonitor temen – temen lah. tapi, okelah, jabatan itu saya ambil, itung – itung untuk pembelajaran saya menjadi seorang Pemimpin, hehehe :).
beneran tuh apa yang saya duga di awal, selama 1 tahun kayaknya dikelas saya menjadi orang yang paling sibuk, (masih mending kalo sibuknya belajar & baca buku), setiap bel 1 kali berbunyi, saya harus ke kantor, karena ada pengumuman dari pihak sekolah. (bisa dibayangin, kalo sehari banyak oengumuman, berapa kali saya harus bolak-balik ke kantor guru?? heheh…),tapi…. ternyata ada enaknya juga, selama jadi ketua kelas, saya jadi lebih dekat dengan Bapak – ibu guru. kan bisa tanya – tanya pelajaran yang gak maksud. di kelas 11 ini juga pengalaman yang saya dapat gak terlalu banyak. mungkin kebanyakan dapetnya dari luar sekolah.

mulai dari kelas 11, saya mulai rajin update informasi lewat Internet (walaupun SMP juga dulu sering,tapi ini intensitasnya lebih banyak di SMA), nah informasi – informasi yang saya dapat, saya sharing ke temen – temen, siapa tau pada belum tau, itung – itung bagi – bagi ilmu. ya ga?? mulai dari masalah sosial, edukasi, sport dll. di kelas, ada juga sih temen yang hobby nya Nulis, dia sering buat – buat artikel dan sering juga dia ngisi mading sekolah, jadi kami saling berbagi ilmu disana.

naik ke kelas 12, setahun kedepan ini saya dan teman – teman harus berjuang lebih extra belajar untuk menghadapi Ujian Nasional di akhir tahun pelajarannya (waktu di kelas 10 dan 11 belajar juga sih, tapi belum terlalu serius :)). perjuangan dimulai, kebiasaan – kebiasaan waktu kelas 10 dan 11 mulai dikurangi, seperti main, malas-malasan, dll. saya sendiri mulai kelas 12 ini jadwalnya padet banget (ngalahin jadwal bintang Film, heheh… lebay banget :)), gimana gak, rutinitas sehari – hari isinya cuma belajar – dan belajar, mulai dari setengah tujuh udah berangkat ke sekolah, pulang sekolah jam setengah dua, istirahat setengah jam langsung LES di sekolah sampe jam 4 Sore. langsung pulang kerumah (perjalanan kerumah sekitar setengah jam, jalan nya jelek banget lagi…), mandi, istirahat sebentar trus berangkat BIMBEL lagi di salah satu tempat belajar terkenal di Lampung, masuk jam setengah 6 pulangnya jam setengah 10 malem. wuih,, capeknya. sampe rumah biasanya langsung istirahat untuk nyiapin rutinitas, esok hari. begitu setiap harinya (kecuali hari minggu). mantap kan??

sebelum UN dimulai, beberapa Universitas Negeri sudah membuka pendaftaran masuk, rata – rata lewat jalur khusus dan UM (ujian Mandiri). saya pun mengikuti UM tersebut, saya pilih Universitas Negeri terkenal yang ada di Yogyakarta, soalnya dulu kepengen banget kuliah disana. pendaftaran dan verifikasi dah selesai, tinggal nunggu hari tes nya aja. (waktu itu saya ngambil IPC), ketika tiba hari TES, saya langsung barangkat ke tempat ujian UM itu dan menjawab soal-soal yang diberikan. saya sih berharap bisa masuk di jurusan yang saya ambil (Ilmu komputer). selesai Tes, waktunya kembali memikirkan Ujian Nasional yang sebentar lagi bakalan dateng.

saya mempersiapkan Mental dan Fisik guna kelancaran UN nantinya. ujian dilaksanakan selama 5 hari (kalo gak salah sih, soalnya dah agak lupa), disitu semua kemampuan dikeluarkan untuk menjawab soal – soal UN yang menetukan nasib LULUS atau TIDAK nya saya dari jenjang SMA. 5 hari itulah hari terberat dalam hidup saya (ketika saat itu, sekarang sih lebih banyak lagi hari – hari yang berat), UN selesai dihadapi, dan pengumuman hasil UM pun dipajang, langsung deh cepetan ke warnet untuk nge-cek lulus apa gak saya. setelah login dengan ID saya, ternyata saya belum lulus.

gak apa-apa deh, masih ada kesempatan di tempat lain. sekarang tinggal nunggu pengumuman hasil UN, lulus apa gak ya, semoga aja lulus. akhirnya waktu yang ditunggu – tunggu dateng juga, semalaman saya gak bisa tidur, cuma karena takut gak lulus UN. perjuangan selama 3 tahun semoga gak sia-sia. besoknya saya kesekolah dan menerima amplop dari pihak sekolah (gemeteran tuh megangnya), setelah melihat temen – temen membuka amplop dan mereka lulus, akhirnya saya memberanikan diri untuk membukanya juga, Alhamdulillah saya LULUS, perasaan senang dan sedih bercampur aduk, senang karena akhirnya selama 3 tahun sekolah di SMA, sekarang lulus juga dan tinggal melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. sedihnya, bakalan gak bisa bareng temen – temen SMA lagi kedepannya, terutama sahabat – sahabat yang selalu ada dan selalu mensupport saya.

saya dan teman – teman langsung menyalami guru – guru dan mengucapkan terimakasih atas bimbingannya selama sekolah di SMA ini dan meminta maaf kepada mereka kalau selama ini banyak berbuat salah dan sering membuat jengkel mereka. setelah itu temen – temen langsung coret-coretan seragam dan konvoi di jalan menggunakan motor. saya sih gak ikut – ikutan, saya langsung pulang dan memberitahu Orang Tua bahwa saya LULUS SMA, mereka senang dan bangga, sayapun tidak kuat menahan haru dan gak terasa air mata menetes. saya pun berjanji untuk selalu membuat bangga mereka.

cerita diatas adalah sedikit kenangan di SMA yang bisa saya tulis,terima kasih teman – teman.
maaf ya kalo tulisannya acak -acakan, soalnya baru belajar nulis. he.. 🙂

ini adalah sedikit kenangan foto ketika di SMA :

saya dan teman - teman kabaret

saya dan teman - teman kabaret


study tour di jogja

study tour di jogja


lagi nyebrang ke merak

lagi nyebrang ke merak


foto 1 kelas

foto 1 kelas

Iklan

Aksi

Information

12 responses

27 04 2010
Thomas

Ada orang bilang bahwa masa SMA adalah masa penuh bunga dan paling indah…saya setuju!!!

salam

http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/26/tragedi-taksaka/

27 04 2010
monang21

bener tuh, SMA tempat kita meng-explore diri, memang sih masih terbatas, tapi pengalamannya gak mudah terlupa.
mkasih dah berkunjung. keep blogging. 🙂

27 04 2010
Thomas

sama2….thanks dah berkunjung balik ya.salam

27 04 2010
monang21

sipp… 🙂

28 04 2010
melly

org Lampung yah 😀
bener bgt SMA itu masa2 indah buat mencari jati diri 😀

28 04 2010
monang21

iya, asli lampung, tapi sekarang lagi kuliah di jogja. lam kenal ja ya.
sipp. iya, pencarian jati diri diawali di masa SMA, dan dilanjutkan pada masa perkuliahan.
🙂 🙂 kamu orang lampung juga ya???

30 04 2010
cherie

yoyoiiiii
seru,,,dan yang pasti aku kangen masa2 itu

30 04 2010
monang21

masa SMA memang Indah banget. 🙂

20 05 2010
mbokratu

Salam dari Lampung….
Masa SMA memang indah, tapi masa sekarang lebih indah lagi…

20 05 2010
monang21

lampung juga ya??
ia masa SMA memang Indah, dan masa yang kita jalani saat ini lebih indah lagi…
syukuri selalu apa yang telah diberikan.
🙂

11 05 2011
Eka Septi Puspita

haha….. masa SMA ya… ya, boleh lah… tanpa SMA juga nggak akan bisa kaya skarang kan ^^

SMA N 2 Pringsewu doeloe… SMA N 1 Ambarawa skarang ^^ pernah ada saya di situ… GAMED ^^

11 05 2011
monang21

yoi ka,, walaupun gak terlalu banyak kenangan yang didapet di SMA.. hehe.. 🙂
ya setidaknya saya bisa kenal dengan Anda, salah satu manusia aneh dan gokil di dunia ini. ,mungkin gak ada kembarannya deh dimana – mana.

thnks ka udah Selalu mengingatkan dan memberi semangat saat saya Down.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: